Berita Hari Ini
Loading...

Program Latihan Sinoman/Laden Pemuda-Pemudi Dusun Gumulan Sebagai Wujud Pelestarian Budaya Jawa Yang Adiluhung

Kampung KB Gumulan
Gumulan [26/01/2019] Program latihan sinoman/laden pemuda-pemudi Dusun Gumulan, sebagai wujud pelestarian budaya jawa yang adiluhung, pengembalian nilai sopan santun pada remaja di era globalisasi. Program yang sudah dicanangkan oleh OMMG (Organisasi Muda-Mudi Gumulan) ini sudah mulai dijalankan beberapa waktu lalu. Kegiatan latihan sinoman sendiri dilaksanakan rutin setiap Malam Sabtu di rumah Bapak Kuat.

Bapak Kuat sendiri merupakan salah satu warga Dusun Gumulan RT 01 yang dengan semangat dan tlaten membantu para pemuda yang dengan penuh semangat ingin menjaga tradisi jawa yang sungguh memiliki nilai-nilai norma yang sangat tinggi. Dengan dukungan dari Bapak Dukuh Gumulan dan seluruh warga masyarakat kegiatan ini berjalan dengan sangat baik. Bahkan dengan penuh semangat Bapak-bapak dari forum LSD Dusun Gumulan ikut turun gunung membantu dalam memberikan pelatihan laden ini. Beberapa pelatih handal yang ikut dalam memberikan pelatihan laden ini antara lain Simbah Joyo, Bapak Suraji, Bapak Gito, dan Bapak Tukidi serta dibantu oleh Bapak-Bapak senior lainnya.

Sebagai sarana pelatihan mental sekaligus uji ketangkasan dari hasil latihan sinoman ini para pemuda tampil laden dalam acara pertemuan Minggu Pahing yang merupakan forum pertemuan seluruh warga masyarakat Dusun Gumulan RT 01 dan RT 02. Yang mana pada pertemuan kali ini dihadiri pula oleh KKN UAD yang sedang melaksanakan tugas di Dusun Gumulan, dan berBase Camp di Rumah Bapak Suyatno, selaku Dukuh Gumulan. Pertemuan Rutin Minggu Pahing sendiri bertempat di Rumah Bapak Dukuh yakni di Dusun Gumulan RT 02.

Berikut ini beberapa dokumentasi pelaksanaan gladi Sinoman tersebut ;
Kampung KB Gumulan
Pelatihan Sinoman/Laden Pemuda-Pemudi Dusun Gumulan

Kampung KB Gumulan
Pelatihan Sinoman/Laden Pemuda-Pemudi Dusun Gumulan

Kampung KB Gumulan
Pelatihan Sinoman/Laden Pemuda-Pemudi Dusun Gumulan

Pelatihan Sinoman/Laden Pemuda-Pemudi Dusun Gumulan
Mari kita dukung program-program adik-adik remaja kita demi mewujudkan kemajuan Dusun Gumulan khususnya dan kemajuan bangsa pada umumnya.

0 Response to "Program Latihan Sinoman/Laden Pemuda-Pemudi Dusun Gumulan Sebagai Wujud Pelestarian Budaya Jawa Yang Adiluhung "

Posting Komentar