Berita Hari Ini
Loading...

Gertak PSN Kecamatan Pandak di Kampung KB Gumulan Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran DBD

Kampung KB Gumulan
Gertak PSN di Kampung KB Gumulan
Gumulan [18/10/2019] Sebagai upaya pencegahan penyebaran DBD di wilayah Kecamatan Pandak, Pemerintah Kecamatan Pandak melaksanakan Gerakan Serentak (Ger­tak) Pemberantasan Sarang Nya­muk (PSN) di masyarakat. Kegiatan Gertak PSN ini dilaksanakan pada hari Jum'at [18/10/2019]. 

Terkait pemilihan hari Jumat, Andriyani mengungkapkan, hal ini didasarkan   pada kebi­asaan kegiatan kerja bakti dan bersih-bersih setiap Jumat pagi. Namun banyak kegiatan bersih-bersih di masyarakat selama ini belum masuk kategori PSN. Karena kegiatan tersebut hanya membersihkan sampah tertentu saja. Untuk itu, melalui Gertak PSN ini diharapkan kegiatan ini bisa menjadi media pemberantasan sarang nyamuk yang menyeluruh.

Kegiatan PSN kali ini untuk Desa Caturharjo dilaksanakan di Dusun Gumulan, yang sudah dicanangkan sebagai Kampung KB beberapa waktu lalu. Kegiatan ini diikuti oleh Pemerintah Kecamatan Pandak yang diwakili oleh Kasi Kemas, Polsek Pandak, Koramil Pandak, Puskesmas Pandak II, PLKB Pandak dan juga Kader Kampung KB Gumulan.

Selain itu, untuk mematikan ke­beradaan jentik nyamuk ter­deteksi, di setiap rumah diharapkan ada Juru Peman­tau Jentik (jumatik) yang me­meriksa tem­pat bersarangnya nyamuk. Se­hingga pemberan­tasan nyamuk dimulai dari masing-masing keluarga atau rumah dan seko­lah. Mereka akan berkolaborasi dengan ju­mantik yang berasal dari pus­kesmas setiap sebulan sekali.

Kampung KB Gumulan
Gertak PSN di Kampung KB Gumulan

Kampung KB Gumulan
Gertak PSN di Kampung KB Gumulan

Kampung KB Gumulan
Gertak PSN di Kampung KB Gumulan

Untuk setiap minggunya, PSN bisa dilakukan dengan mela­kukan 3M plus, yakni menguras, menutup, mengubur semua tempat yang menjadi perindukan nyamuk. Plus tindakan mem­berantas Jentik dan menghindari gigitan nyamuk. 

Mari kita sukseskan gerakan PSN ini, demi terciptanya masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera. [Koyan]

0 Response to "Gertak PSN Kecamatan Pandak di Kampung KB Gumulan Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran DBD"

Posting Komentar