Berita Hari Ini
Loading...

Pembinaan Pokja Kampung KB Gumulan, Siap Wujudkan Desa Wisata Eduagro 2021

Kampung KB GumulanKampung KB Gumulan - Kamis Wage [19/03/2020] Dalam rangka meningkatkan kapasitas pengurus pokja Kampung KB Gumulan, Dinas PPKBPMD Kabupaten Bantul melalui PLKB Kecamatan Pandak mengadakan pembinaan pada malam tadi Rabu Pon [18/03] di rumah Dukuh Gumulan.


Pembinaan pengurus pokja KKB Gumulan yang berlangsung cukup hangat walau diselingi rintikan hujan ini menghadirkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul sebagai salah satu narasumber, selain Kepala Bidang KB PPKBPMD Kabupaten Bantul.


Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos. menyinggung tentang kewaspadaan terhadap keberadaan Virus Covid-19, waspada bukan berarti takut yang berlebihan, namun dengan lebih meningkatkan proteksi diri dengan menjaga kebersihan diri masing-masing. Karena virus ini pada dasarnya dicegah dengan menjaga kondisi kebersihan melalui cuci tangan secara teratur menggunakan sabun.


Selain pembahasan tentang kewaspadaan terhadap virus covid-19, Kwintarto juga meyampaikan berbagai inspirasi tentang pembentukan desa wisata, dengan harapan menambah semangat juang Pengurus Pokja Kampung KB Gumulan dalam menggarap Desa Wisata di Desa Caturharjo khususnya di lingkup wilayah Kampung KB Gumulan.


"Kampung KB Gumulan pada dasarnya memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bantul, tinggal bagaimana cara kita mengemas potensi ini agar menjadi sebuah peluang yang bagus dan dapat diwujudkan sebagai salah satu sasaran target wisata" Imbuhnya.


Sementara itu, Rudy Suharta,SIP,MM. Kabid. Keluarga Berencana PPKBPMD Kabupaten Bantul menyampaikan pentingnya keberadaan data sebagai pedoman dan acuan dalam mengambil kebijakan guna mengembangkan program-progam di Kampung KB, Khususnya di Kampung KB Gumulan. Berangkat dari tingginya tingkat kemiskinan di suatu wilayah itulah dasar penunjukan sebagai Kampung KB, untuk itu data yang berkaitan dengan perekonomian masyarakat ini sangat penting, sebagai dasar perencanaan pengentasan kemiskinan di Kampung KB Gumulan ini.


Selain itu pembentukan Pengurus Pokja, hendaknya perlu adanya tindak lanjut penyusunan program kerja dan juga kontrol terhadap pelaksanaan realisasi kegiatan. 


Melalui Pokja Kepemudaan, hendaknya di Kampung KB Gumulan juga melaksanakan Posyandu Remaja sebagaimana Posyandu Balita dan Lansia, walaupun dengan cara dan perlakuan yang tidak sama persis. Untuk itu Pemerintah Desa Caturharjo, Puskesmas Pandak II, Polsek Pandak dan Instansi terkait dapat memberikan dukungan fasilitas guna merealisasikan pelaksanaan Posyandu Remaja sekaligus pembinaan remaja. Imbuh Rudy dalam paparan materinya.


Kegiatan pembinaan Pengurus Pokja Kampung KB Gumulan yang dihadiri oleh perwakilan masing-masing pokja ini juga dihadiri oleh Kasi Pelayanan Desa Caturharjo, Babinkamtibmas Desa Caturharjo, PLKB Kecamatan Pandak, Puskesmas Pandak II, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul dan Kabid KB PPKBPMD Kabupaten Bantul.

Kampung KB Gumulan
Pembinaan Pengurus Pokja KKB Gumulan [18/03]

Kampung KB Gumulan
Pembinaan Pengurus Pokja KKB Gumulan [18/03]
 
Kampung KB Gumulan
Pembinaan Pengurus Pokja KKB Gumulan [18/03]


Akhirnya, mari kita dukung program-program di Kampung KB Gumulan ini, kita wujudkan bersama masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera. [Koyan]

0 Response to "Pembinaan Pokja Kampung KB Gumulan, Siap Wujudkan Desa Wisata Eduagro 2021"

Posting Komentar