Berita Hari Ini
Loading...

Budidaya Sayur Di Pekarangan Rumah, Wujudkan Desa Bersih Sampah Menuju Kemandirian Dan Ketahanan Pangan Berkelanjutan

Kampung KB Gumulan

Kampung KB Gumulan - Sabtu Pon [28/11/2020] Melanjutkan program pelatihan pemanfaatan pekarangan yang telah dilaksanakan diwaktu sebelumnya, Pokja Kampung KB Gumulan kembali melaksanakan pelatihan lanjutan pada Jum'at Pahing [27/11] di Rumah Data Kependudukan Kampung KB Gumulan.


Materi dalam pelatihan kali ini lebih banyak membahas tentang pengelolaan media dan perawatan tanaman dari penanaman hingga panen.


Pelatihan budidaya sayur di pekarangan rumah ini dihadiri oleh Perwakilan Pemerintah Kecamatan Pandak, Bhabhinsa dan Bhabhinkamtibmas Desa Caturharjo, Carik Desa Caturharjo, perwakilan Kader dari 14 Dusun di Desa Caturharjo dan juga pengurus pokja Kampung KB Gumulan.


Bayu Imamtoko, S.Pt Pengelola Resikplus I Komunitas yang merupakan komunitas pemerhanti lingkungan menyampaikan banyak hal terkait pengelolaan tanaman dan budidaya sayur di pekarangan rumah.


Sayur merupakan makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi,gizi, vitamin dan zat-zat penting yang diperlukan oleh tubuh. Sayuran juga dapat mencegah  erbagai macam penyakit dengan membangun sistem imun dalam tubuh. Tanaman sayur dapat be rbentuk rumput, pe rdu, s ema k , atau pohon. Bent uk pertumbuhannya ada yang tegak pendek, menjulang, atau menjalar dengan hasil berupa umbi, bunga, buah, atau biji. Tanaman sayur berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, awalnya tanaman ini dikenal dengan tanaman rakyat, tetapi sekarang lebih dikenal dengan nama hortikultura. Hortikultura termasuk tanaman yang secara tidak langsung memiliki nilai keindahan. Itulah sebabnya, banyak orang yang menanam sayuran di dekat rumahnya.


Kampung KB Gumulan
Pelatihan budidaya sayur di pekarangan rumah [27/11]


Kampung KB Gumulan
Pelatihan budidaya sayur di pekarangan rumah [27/11]


Kampung KB Gumulan
Pelatihan budidaya sayur di pekarangan rumah [27/11]


Kampung KB Gumulan
Pelatihan budidaya sayur di pekarangan rumah [27/11]


Materi pelatihan ini tersedia di rumah data kependudukan Kampung KB Gumulan.


Mari kita dukung program budidaya sayur di pekarangan rumah kita, kita olah pekarangan kita menjadi lebih produktif dan sehat. Hal ini adalah salah satau cara untuk Wujudkan Desa Bersih Sampah Menuju Kemandirian Dan Ketahanan Pangan Berkelanjutan di Desa Caturharjo Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul. [MS]

0 Response to "Budidaya Sayur Di Pekarangan Rumah, Wujudkan Desa Bersih Sampah Menuju Kemandirian Dan Ketahanan Pangan Berkelanjutan"

Posting Komentar