Berita Hari Ini
Loading...

Pembinaan Dusun Percontohan, Puskesmas Pandak II Siapkan Kampung KB Gumulan Menjadi Dusun Unggulan

Kampung KB Gumulan

Kampung KB Gumulan - Selasa Wage [24/11/2020] Bertempat di Rumah Data Kependudukan, Puskesmas Pandak II besama Pokja KB Gumulan mengadakan pembinaan dan penyuluhan Asman Toga dan Akupresur serta rumah sehat bagi keluarga pada Senin Pon [23/11].


Penyuluhan dan pembinaan yang dihadiri oleh para kader Kampung KB Gumulan, Tokoh Masyarakat, Ketua RT dan juga Pemerintah Desa Caturharjo ini sebagai bentuk pengembangan program pemanfaatan lingkungan dan pekarangan sebagai kebun TOGA. 


Suharmiyatun, A.Md.Keb salah satu narasumber dari Puskesmas Pandak II menyampaikan "Salah satu strategi pembangunan kesehatan adalah mendorong masyarakat untuk memelihara kesehatannya dan mengatasi masalah kesehatan ringan secara mandiri melalui asuhan mandiri.


Asuhan mandiri (Asman) adalah upaya masyarakat untuk memelihara kesehatannya dan mengatasi masalah kesehatan ringan secara mandiri  dengan memanfaatkan TOGA (taman obat keluarga) dan ketrampilan akupresur. TOGA merupakan sekumpulan tanaman berkhasiat obat yang ditanam di pekarangan rumah dan diramu untuk memelihara kesehatan keluarga. 


Akupresur adalah ketrampilan yang melakukan penekanan/pemijatan di titik-titik akupunktur pada permukaan tubuh dengan menggunakan ujung jari atau alat bantu lain untuk perawatan kesehatan.


Pemanfaatan pengobatan tradisional telah lama diterapkan oleh masyarakat Indonesia secara turun-temurun. Peraturan Pemerintah  nomor 103 tahun 2014 mengamanatkan bahwa masyarakat diharapkan dapat melakukan perawatan kesehatan secara mandiri dan benar. 


Pemanfaatan tanaman obat keluarga (Toga) dan akupresur merupakan modal utama yang harus dimiliki oleh kader asman. Toga merupakan sumber obat yang mudah, murah, dan aman digunakan untuk mengurangi gejala penyakit-penyakit ringan. Sedangkan ketrampilan akupresur diperlukan karena aman dan mudah dilakukan oleh sendiri oleh masyarakat.


Suyatno Dukuh Gumulan sekaligus Ketua Pokja Kampung KB Gumulan berharap, dengan adanya pembinaan dan penyuluhan Asman Toga dan Akupresur ini masyarakat bisa lebih memahami manfaatan tanaman-tanaman obat yang ada disekitar. Dan selanjutnya pembentukan Taman Toga ini juga dapat direalisasikan bersama dengan pembuatan kebun taman gizi yang tengah digarap saat ini.


Kampung KB Gumulan
Pembinaan Dusun Percontohan Kampung KB Gumulan [23/11]


Kampung KB Gumulan
Pembinaan Dusun Percontohan Kampung KB Gumulan [23/11]


Kampung KB Gumulan
Pembinaan Dusun Percontohan Kampung KB Gumulan [23/11]


Kampung KB Gumulan
Pembinaan Dusun Percontohan Kampung KB Gumulan [23/11]

Dengan semangat membangun masa depan generasi penerus bangsa yang lebih sehat, cerdas dengan harapan menjadi masyarakat yang sejahtera, mari kita dukung program-program di Kampung KB Gumulan ini. [MS]

0 Response to "Pembinaan Dusun Percontohan, Puskesmas Pandak II Siapkan Kampung KB Gumulan Menjadi Dusun Unggulan"

Posting Komentar