Berita Hari Ini
Loading...

Percepatan Menuju Herd Immunity, Warga Kampung KB Gumulan Berbondong-bondong Ikuti Vaksinasi di Kalurahan Caturharjo

Kampung KB Gumulan - Selasa Legi [12/10/2021] "Herd immunity adalah ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu sehingga memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut.


Kekebalan kelompok’ (herd immunity), yang juga dikenal sebagai ‘kekebalan populasi’, adalah konsep yang digunakan untuk imunisasi, di mana suatu populasi dapat terlindung dari virus tertentu jika suatu ambang cakupan imunisasi tertentu tercapai.


Kekebalan kelompok tercapai dengan cara melindungi orang dari virus, bukan dengan cara memaparkan orang terhadap virus tersebut.


Vaksin melatih sistem imun kita untuk menciptakan protein yang dapat melawan penyakit, yang disebut ‘antibodi’, seperti jika kita terpapar pada suatu penyakit, tetapi perbedaan pentingnya adalah bahwa vaksin bekerja tanpa membuat kita sakit. Orang yang telah diimunisasi terlindung dari penyakit yang bersangkutan dan tidak dapat menyebarkannya, sehingga memutus rantai penularan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi laman web kami tentang COVID-19 dan vaksin.


Dalam konsep kekebalan kelompok, sebagian besar penduduk diimunisasi, sehingga menurunkan jumlah keseluruhan virus yang dapat menyebar ke seluruh populasi. Alhasil, tidak semua orang perlu diimunisasi agar terlindungi. Hal ini membantu memastikan bahwa kelompok-kelompok rentan yang tidak dapat diimunisasi tetap aman.


Persentase orang yang perlu memiliki antibodi untuk mencapai kekebalan kelompok terhadap suatu penyakit berbeda-beda dari satu penyakit ke penyakit lain. Sebagai contoh, untuk mencapai kekebalan kelompok terhadap campak, sekitar 95% populasi harus diimunisasi. 5% penduduk lain akan terlindungi karena campak tidak akan menyebar di antara orang-orang yang diimunisasi. Untuk polio, ambangnya adalah sekitar 80%.


Mencapai kekebalan kelompok dengan vaksin yang aman dan efektif membuat penyakit semakin jarang dan menyelamatkan nyawa. Pelajari lebih lanjut tentang pengetahuan mengenai kekebalan kelompok dengan menonton atau membaca wawancara ini dengan Peneliti Kepala WHO, Dr Soumya Swaminathan."

Sumber : https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa/qa-lockdown-and-herd-immunity


Kampung KB Gumulan
Vaksinasi di Kalurahan Caturharjo Kapanewon Pandak [11/10]


Kampung KB Gumulan
Vaksinasi di Kalurahan Caturharjo Kapanewon Pandak [11/10]


Untuk mempercepat capaian herd immunity tersebut, Pemerintah Kalurahan Caturharjo bekerjasama dengan pihak-pihat terkait mengadakan Vaksinasi di Kalurahan Caturhajarjo pada Senin Kliwon [11/10]


Vaksinasi yang dilaksanakan pada Senin Kliwon ini merupakan vaksinasi tahap 1 angkatan ke 4, dengan jumlah warga 617 orang. Termasuk warga masyarakat di Kampung KB Gumulan tentunya.


Mari kita sukseskan desa aman covid-19 dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dan juga vaksinasi covid-19. [MS]

0 Response to "Percepatan Menuju Herd Immunity, Warga Kampung KB Gumulan Berbondong-bondong Ikuti Vaksinasi di Kalurahan Caturharjo"

Posting Komentar