Berita Hari Ini
Loading...

Wakili Lomba Kebersihan Tingkat Kabupaten Bantul, Desa Caturharjo Siap Sukseskan Program Bantul Bebas Sampah 2020


Kampung KB Gumulan
Kampung KB Gumulan - Selasa Pahing [11/02/2020] Sebagai upaya mensukseskan program Bantul Bersih Sampah, Pemerintah Kabupaten melalui dinas-dinas terkait mengadakan lomba kebersihan desa tingkat kabupaten. Desa Caturharjo sebagai wakil Kecamatan Pandak dengan semangat menyambut kehadiran Tim Penilai Lomba Desa di Pendopo Balai Desa Caturharjo pada Selasa Pahing [11/02].


Lurah Desa Caturharjo, Budi Suryanto mengatakan dalam perbincangan singkat di sela-sela penilaian bahwa Desa Caturharjo berupaya semaksimal mungkin untuk mendukung pelaksanaan program Bantul Bersih Sampah 2020. 


Upaya-upaya serius yang sudah dilakukan pemerintah Desa Caturharjo dalam mensukseskan program tersebut antara lain dengan mengadakan Launching Gerakan 4000 Jogangan, Gerakan 77 RKS, dan juga Gerakan Satgas Anti Sampah, terang Budi.


Gerakan - gerakan yang dilakukan ini memanglah terslihat sepele namun efeknya akan sangat luar biasa bagi masyarakat. Pelaksanaan Launching gerakan-gerakan ini tak lepas dari keberadaan Kampung KB Gumulan sebagai pusat berbagai kegiatan.


Gerakan pengelolaan sampah yang diusung ini, menurut Carik Desa Caturharjo, Dimas Satrio Wibowo mengambil tema olah simbah cara simbah. Segala sesuatu yang berasal dari tanah harus dikembalikan ke tanah, dan yang berasal dari pabrik dikembalikan ke pabrik.


Cara ini sudah diterapkan oleh para simbah tempo dulu, terangnya lebih lanjut.


Dengan pelaksanaan lomba ini, bukan masalah menang dan kalah yang dicari oleh Pemerintah Desa Caturharjo, namun lebih kepada perhatian Pemerintah dalam mendukung program-program pengelolaan sampah di Desa Caturharjo.


Harapan ini bukan tanpa dasar, karena Penilai Lomba Kebersihan Desa ini terdari dari unsur-unsur dinas terkait seperti DPPKBPMD Kabupaten Bantul, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul, JPSM (Jaringan Pengelola Sampah Mandiri) Kabupaten Bantul, Perwakilan PKK Kabupaten Bantul, dan didampingi oleh Camat Pandak, Kepala Puskesmas Pandak II, Babinsa, Babinkamtibmas. 


Tim Penilai dan Pendamping disambut hangat oleh Lurah Desa Caturharjo dan Seluruh Pamong Desa Caturharjo, LPMD, BPD, PKK, Karang Taruna, dan Tokoh Masyarakat Lainnya, tanpa terkecuali Pokja Kampung KB Gumulan yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Pemerintah Desa Caturharjo.


Setelah penilaian di Kantor Pemerintah Desa Caturharjo, Tim Penilai menuju lokasi Dusun Terpilih yakni Dusun Kuroboyo dan 2 Dusun acak yang dilewati selama perjalanan.

Kampung KB Gumulan
Sambutan selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Kebersihan desa oleh Lurah Desa Caturharjo

Kampung KB Gumulan
Prakata Perwakilan Tim Penilai Lomba Kebersihan Desa 
 
Kampung KB Gumulan
Tim Penilai Memperhatikan Dokumentasi
Pelaksanakan Gerakan-Gerakan Pengelolaan Sampah di Desa Caturharjo

Kampung KB Gumulan
Tim Penilai Lomba Kebersihan berkeliling Kantor Pemerintah Desa Caturharjo

Kampung KB Gumulan
Foto Bersama Tim Penilai Lomba Desa di Pendopo Balai Desa Caturharjo

Kampung KB Gumulan
Tim Penilai Lomba Kebersihan Desa tertarik dengan Kursi hasil praktik pengolahan barang bekas
(Kursi Dari Ban Bekas)
 
Kampung KB Gumulan
Tim Penilai Lomba Kebersihan Desa melihat ruang khusus merokok Desa Caturharjo

Mari kita dukung pelaksanaan program bersih sampah Kabupaten Bantul dengan mengelola sampah cara simbah, seko lemah bali lemah, seko pabrik bali pabrik. [Koyan]

0 Response to "Wakili Lomba Kebersihan Tingkat Kabupaten Bantul, Desa Caturharjo Siap Sukseskan Program Bantul Bebas Sampah 2020"

Posting Komentar